18/06/2024
mie telur

10 jenis mie di asia

Yumsss! 10 Jenis Mie Yang Ada Di Asia, Mie adalah salah satu makanan yang telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari di berbagai belahan dunia. Makanan ini berasal dari China dan telah menyebar ke berbagai belahan dunia. Berikut ini adalah sejarah mie yang akan diulas.

Mie pertama kali muncul di China pada masa Dinasti Han pada abad ke-3 SM. Pada saat itu, mie disebut sebagai “bakmi” dan dibuat dengan menggunakan tepung terigu dan air. Mie yang dibuat pada masa itu memiliki bentuk seperti potongan-potongan panjang dan tidak diiris seperti mie modern. Mie pada masa itu juga dimakan dengan menggunakan sumpit.

Pada abad ke-7 M, mie diperkenalkan ke Jepang oleh seorang biksu Buddha dari China. Mie di Jepang disebut sebagai “udon” dan dibuat dengan menggunakan tepung terigu dan air. Mie di Jepang memiliki bentuk yang lebih tebal daripada mie China dan dimakan dengan menggunakan sendok besar dan sumpit.

 

Di Italia, mie disebut sebagai “pasta” dan diperkenalkan oleh Marco Polo pada abad ke-13 M. Pasta dibuat dengan menggunakan tepung gandum keras dan air. Pasta memiliki bentuk yang beragam seperti spaghetti, fettuccine, dan lasagna. Pasta juga dimakan dengan menggunakan sendok dan garpu.

Di Indonesia, mie diperkenalkan oleh para pedagang Cina pada abad ke-17 M. Mie di Indonesia dibuat dengan menggunakan tepung terigu dan telur. Mie di Indonesia memiliki berbagai bentuk seperti mie basah, mie kering, mie ayam, dan mie goreng. Mie di Indonesia dimakan dengan menggunakan sumpit, garpu, atau sendok.

Baca Juga  Yuk Intip 9 Menu di Bakmi Golek Yang Lezat

Di berbagai belahan dunia, mie telah menjadi makanan yang populer dan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Mie telah mengalami berbagai modifikasi untuk memenuhi selera masyarakat setempat. Meskipun begitu, mie tetap mempertahankan esensi dan rasa yang membuatnya menjadi makanan yang lezat dan enak.

Berikut Jenis-jenis Mie Tersebut Masi Kita Simak Dibawah Ini:

  1. 10 Jenis Mie Mie Halus Kriting

mie halus kriting

Salah satu jenis mie yang cukup populer adalah mie halus kriting. Mie halus kriting memiliki tekstur yang unik dan sangat enak dimakan.

Mie halus kriting dibuat dari tepung terigu yang dicampur dengan air dan dibentuk menjadi mie. Proses pembuatan mie halus kriting sangat berbeda dengan mie biasa. Mie halus kriting dibuat dengan cara mengaduk adonan mie hingga adonan menjadi elastis dan terlihat kaku. Adonan kemudian ditekan dengan mesin khusus hingga membentuk mie halus kriting yang khas.

Tekstur mie halus kriting yang khas ini membuatnya menjadi sangat nikmat. Mie halus kriting memiliki tekstur yang kenyal dan lembut, dengan rasa yang enak dan gurih. Mie halus kriting biasanya disajikan dengan berbagai macam bahan tambahan seperti daging ayam, sayuran, dan telur. Bahan tambahan ini membuat mie halus kriting semakin lezat dan bergizi.

2. 10 Jenis Mie Mie Lebar

mie lebar

Mie lebar atau yang biasa disebut juga sebagai mie karet adalah salah satu jenis mie yang sangat populer di Indonesia. Mie ini memiliki ciri khas tekstur yang lembut, kenyal dan elastis, sehingga membuatnya menjadi pilihan favorit dalam berbagai hidangan mie.

3. 10 Jenis Mie Mie Bihun

Mie Bihun

Mie bihun atau biasa juga disebut dengan nama vermicelli merupakan salah satu jenis mie yang sangat populer di Indonesia. Mie ini terbuat dari tepung beras yang diolah secara khusus dan memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Mie bihun umumnya digunakan sebagai bahan dasar dalam berbagai hidangan, seperti sup, mie goreng, dan salad.

4. 10 Jenis Mie Mie Telur

mie telur

Mie telur adalah salah satu jenis mie yang cukup populer di Indonesia. Seperti namanya, mie ini terbuat dari campuran tepung terigu, telur, dan air yang diaduk dan digiling hingga membentuk adonan mie. Tekstur mie telur biasanya lebih kenyal dibandingkan dengan mie biasa, dan memiliki warna kuning keemasan akibat kandungan telur di dalamnya.

Baca Juga  Menjelajahi 5 Tempat Makan Lesehan di Cilegon Termurah

5. 10 Jenis Mie Kwetiaw

kwetiaw

Kwetiaw (atau kway teow) adalah sejenis mie kering yang terbuat dari tepung beras, air, dan garam. Mie ini populer di beberapa negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, dan Singapura, dan biasanya disajikan dalam berbagai hidangan, mulai dari masakan kuah hingga gorengan.

6. 10 Jenis Mie Sohun

sohun

Sohun, atau sering juga disebut dengan soun atau vermicelli, adalah sejenis mie transparan yang terbuat dari tepung kacang hijau, pati, dan air. Mie ini populer di banyak negara Asia, termasuk Indonesia, China, Vietnam, dan Thailand. Sohun biasanya diolah dengan berbagai cara, mulai dari dijadikan mie goreng hingga disajikan dalam sup.

7. Miesoa

misoa

Mie Soa adalah salah satu hidangan khas yang berasal dari daerah Tionghoa-Indonesia, khususnya daerah Palembang, Sumatera Selatan. Mie Soa terbuat dari mie basah yang dicampur dengan irisan daging sapi, ebi atau udang kering, sayuran seperti kol, tauge, sawi, serta telur ayam. Hidangan ini memiliki rasa yang gurih dan lezat sehingga menjadi salah satu makanan favorit di Indonesia.

8. 10 Jenis Mie Mie Soba

mie soba

 

Mie soba adalah hidangan mie Jepang yang terbuat dari tepung soba atau sobako, yaitu tepung soba yang dicampur dengan tepung terigu. Mie soba memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang kenyal, serta sering dihidangkan dalam kuah hangat atau digoreng dan disajikan dengan saus. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai mie soba.

9. Ramen

mie ramen

 

Mie ramen adalah hidangan mie populer yang berasal dari Jepang. Mie ini biasanya terbuat dari adonan gandum yang diolah dengan cara khusus, dimasak dalam kuah kaldu yang kaya rasa, dan dihidangkan bersama berbagai macam bahan tambahan seperti daging, telur, dan sayuran. Mie ramen adalah salah satu makanan yang sangat disukai oleh masyarakat Jepang, dan kini sudah menjadi hidangan yang populer di seluruh dunia.

Baca Juga  Yuk ! Buruan Cek TEMPAT MAKAN BAKMI JAWA DI JOGJA Yang Terbaik di 2023

10. 10 Jenis Mie Mie Udon

mie udon

Mie Udon, Makanan Khas Jepang yang Lezat dan Gurih

10 Jenis Mie Mie udon adalah salah satu makanan khas Jepang yang terkenal di seluruh dunia. Makanan ini terbuat dari tepung terigu dan air, kemudian diolah dan dipotong menjadi mie yang lebar dan tebal. Mie udon biasanya disajikan dalam kuah kaldu yang gurih, diikuti dengan berbagai macam topping seperti irisan daging, sayuran, dan telur. Makanan ini terkenal dengan rasa yang lezat dan bergizi tinggi.

Sejarah Mie Udon

10 Jenis Mie Mie udon berasal dari kota Sanuki di Pulau Shikoku, Jepang. Pada awalnya, mie udon dianggap sebagai makanan miskin dan hanya dimakan oleh orang-orang yang tidak mampu membeli makanan yang lebih mahal. Namun, seiring berjalannya waktu, mie udon mulai menjadi populer di seluruh Jepang dan bahkan di seluruh dunia.

Proses Pembuatan Mie Udon

10 Jenis Mie Mie udon dibuat dengan cara mencampurkan tepung terigu dan air hingga adonan menjadi kalis. Kemudian, adonan diuleni dan dipotong-potong menjadi mie yang tebal dan lebar. Setelah itu, mie udon direbus dalam air mendidih selama beberapa menit hingga matang.

Kuah Kaldu Mie Udon

Kuah kaldu mie udon terbuat dari kaldu ayam, daging sapi, atau dashi yang dicampur dengan berbagai bahan lain seperti kecap, mirin, sake, dan garam. Kuah kaldu ini memberikan rasa gurih dan kaya pada mie udon.

Topping untuk Mie Udon

Topping untuk mie udon dapat berupa irisan daging, sayuran, telur, dan nori (rumput laut). Beberapa topping yang sering digunakan adalah:

  1. Tempura: irisan sayuran atau udang yang dicelup dalam adonan tepung dan digoreng hingga renyah.
  2. Kitsune: irisan tofu goreng.
  3. Kamaboko: fish cake yang berbentuk silinder dan berwarna merah atau putih.
  4. Negi: irisan bawang prei.
  5. Aburaage: potongan tahu goreng yang diisi dengan sayuran.
  6. Chikuwa: fish cake berbentuk silinder dan diisi dengan bahan-bahan lain seperti keju atau telur.

Kesimpulan

10 Jenis Mie mie adalah salah satu makanan yang sangat populer di seluruh dunia dan memiliki berbagai macam jenis dan varian. Mie biasanya terbuat dari tepung terigu dan air yang diolah menjadi mie yang berbentuk panjang dan bulat. Mie juga biasanya disajikan dengan berbagai macam topping dan saus yang membuat rasanya semakin lezat. Beberapa jenis mie yang populer antara lain mie ayam, mie instan, mie udon, dan mie ramen. Mie juga sangat mudah untuk diolah dan dapat menjadi pilihan makanan yang praktis dan cepat untuk disajikan. Meskipun demikian, karena kandungan karbohidratnya yang tinggi, sebaiknya mie dikonsumsi dengan porsi yang tepat dan tidak berlebihan untuk menjaga kesehatan tubuh.