17/06/2024
Mie Jebew

Mie Jebew

Resep Mie Jebew  – Sobat Kuliner, sudah tahu belum ada mie jebew asal Garut yang kini sedang viral? Punya rasa dan tampilan yang berbeda dari mie pada umumnya, ternyata proses pembuatannya cukup mudah lho! Jika biasanya mie memiliki warna kecoklatan dengan rasa manis gurih, tetapi mie asal Garut satu ini akan membuat Sobat Kuliner terkejut karena berwarna merah terang dan rasanya pedas banget!

Walaupun mie pedas bukanlah hal yang baru, tetapi kalian tetap penasaran kan, ingin mencoba seperti apa cita rasa yang dimiliki mie jebew? Ditambah lagi mie ini sering seliweran di beberapa konten food vlogger kuliner, sehingga bikin kalian tambah ngiler. Maka dari itu, bakmieloncat akan membagikan resep mie jebew Garut yang enak, mudah, dan bisa dimasak di rumah saja.

Asal Usul Mie Jebew, Mie Pedas yang Bikin Bibir Dower

Mie pedas warna merah terang satu ini mendadak viral karena review beberapa food vlogger ternama seperti Tanboy Kun, Farida Nurhan, Shanty Denny, hingga Gerry Girianza lewat laman YouTube mereka. Para YouTuber tersebut juga sudah membuktikan kelezatan dari mie jebew Teh Emil, warung mie jebew viral yang ada di Garut. Adapun arti nama mie jebew adalah bibir bengkak karena makan pedas yang diambil dari bahasa Sunda.

Baca Juga  8 Menu di Tokyo Belly Yang Ter Lezat

Kendati demikian, Sobat Kuliner nggak perlu khawatir akan merasa kepedasan. Kalian bisa menentukan sendiri tingkat kepedasannya, mulai dari level 1 sampai level 5. Lalu untuk harga seporsi mie jebew murah kok, mulai dari Rp 5.000 sampai Rp20.000 tergantung dengan topping yang dipilih. Topping yang bisa kalian pilih seperti bakso, cuanki, ceker, tulang, dan lain-lain.

Tips Makan Mie Jebew Anti Perut Panas

Mie Jebew

Sebelum Sobat Kuliner tau resepnya, bakmieloncat akan membagikan tips makan mie jebew anti perut panas. Nah, berikut ada 5 cara mengatasi perut panas anti-mainstream dan bisa Sobat coba. Dijamin bermanfaat untuk kalian yang doyan pedas, deh!

1. Minum Teh Peppermint

Daun peppermint bisa membantu mengatasi masalah pencernaan dan bisa mengurangi perut panas setelah makan makanan pedas. Caranya gampang, campurkan satu sendok makan daun peppermint kering ke dalam satu gelas air mendidih selama 10 menit, lalu saring, dan minum saat hangat.

2. Makan Pisang dan Alpukat

Buah bertekstur lembut seperti pisang atau alpukat bisa jadi opsi Sobat Kuliner dalam mengatasi perut panas. Teksturnya yang halus bisa mengikat capsaicin dan reseptor rasa sakit di perut, sehingga sensasi mulas bisa cepat mereda.

3. Minum Madu Murni

Kandungan enzim dalam madu murni dapat membantu memecah pati, gula, dan protein di dalam pencernaan. Untuk urusannya dengan rasa pedas, sesendok madu murni bisa menetralkan capsaicin di perut dan menyerap minyak pedas. Jadi, rasa panas tak terlalu lama berdiam di perut Sobat Kuliner.

4. Minum Air Seduhan Jahe

Jahe dianggap efektif dalam mengobati masalah pencernaan, terutama untuk mengatasi perut panas karena pedas. Jahe sendiri bisa dikonsumsi dalam banyak bentuk, mulai dari tablet, kapsul, hingga “teh”. Untuk membuat teh jahe, Sobat Kuliner bisa memasukkan irisan jahe segar ke dalam secangkir air panas.

Baca Juga  7 Makanan Khas Bali Halal Terpopuler

5. Makan Karbohidrat Lain

Karbohidrat seperti roti, nasi putih, dan kentang rebus, bisa jadi solusi untuk meminimalisir efek panas di bagian perut. Sebab, karbohidrat menjadi penghalang alami antara capsaicin dan mulut dan akan menyerap pedas sebagian dalam prosesnya.

Resep Mie Jebew yang Enak dan Nagih

Mie Jebew

Jika Sobat Kuliner adalah warga luar Garut, kalian bisa mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah. Kalian hanya perlu mengikuti resep berikut ini dan jangan sampai melewatkan langkah-langkah yang sudah tertera di dalam petunjuknya, ya!

INGREDIENTS

– 150 gram mie basah atau mie kering
– 2 sendok teh minyak bawang
– 2 sendok teh minyak bawang
– 2 sendok teh kecap manis
– 1 sendok teh kecap asin
– 2/3 sendok teh saus sambal
– Sambal asli sesuai selera (rawit rebus yang diblender kasar)
– Kaldu bubuk secukupnya
– Bawang goreng secukupnya
– Daun bawang secukupnya
– Topping sesuai selera (bisa menggunakan bakso, pangsit goreng, dan ayam)
– 300 ml minyak goreng
– 8 siung bawang putih
– 5 lembar daun jeruk
– 50 gram cabai keriting kering yang sudah diblender kasar

DIRECTION

– Haluskan 8 siung bawang putih menggunakan chopper.
– Gunting 5 daun jeruk tadi menjadi potongan kecil, buang tulang daunnya agar tidak pahit.
– Panaskan minyak goreng, lalu tumis daun jeruk dan bawang putih secara bersamaan hingga harum, jangan sampai
warnanya coklat, dan matikan kompor.

Cara Membuat Minyak Cabai

– Pertama-tama masukkan minyak goreng ke dalam wajan dan tunggu sampai panas.
– Kemudian, tumis cabai kering yang sudah diblender kasar tadi sebentar saja dan jangan sampai gosong karena rasanya akan pahit.

Baca Juga  7 Tempat Makan Romantis di Jogja Yang Terbaik

Cara Membuat Mie Jebew

– Siapkan mangkuk atau baskom untuk meracik bumbu mie-nya.
– Lalu, masukkan minyak bawang, minyak cabai, kecap asin, kecap manis, saus sambal,<br>dan kaldu bubuk, aduk sampai rata.
– Selanjutnya, siapkan panci berisi air mendidih untuk merebus mie. Masukkan mie secukupnya dan rebus sampai – tekstur mi berubah jadi kenyal.
– Kalau Sobat Kuliner menggunakan topping bakso, jangan lupa untuk merebusnya terlebih dahulu.
– Masukkan mi yang sudah matang tadi ke dalam wadah berisikan bumbu racikan dan aduk hingga tercampur rata.
– Sajikan selagi hangat dan tambahkan topping sesuai selera kalian, jangan lupa untuk menambahkan irisan daun bawang dan bawang goreng.
– Mie jebew dengan rasa yang gurih, sedikit rasa manis, dan pedas siap untuk Sobat Kuliner nikmati.

Akhir kata

Nah itulah resep mie jebew dan tips yang dapat mimin sampaikan kepada sobat kuliner di rumah. jika sobat kuliner mencari rekomendasi tampat makan bak bimie kamu bisa kok cek artikel mimin lainnay hanya di sininya sob. Nah sampai di sini dulunay sob pembahasan kita kali ini dan sampi jumpa di artikel selanjutnya. Selamat mencoba 🙂