18/06/2024
Cara Membuat Rempeyek Kacang Tanah yang Tipis dan Renyah Nikmatnya Sensasinya dalam Setiap Gigitan

Rempeyek kacang tanah adalah salah satu makanan tradisional yang sangat digemari di Indonesia. Rempeyek memiliki tekstur yang tipis dan renyah, serta rasa gurih yang menggugah selera. Siapa yang bisa menolak kelezatan rempeyek kacang tanah yang masih hangat dari penggorengan?

Mungkin Anda pernah mencoba rempeyek kacang tanah yang dijual di warung atau pasar tradisional. Namun, tahukah Anda bahwa Anda juga bisa membuat rempeyek sendiri di rumah? Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat Cara Membuat Rempeyek Kacang Tanah yang Tipis dan Renyah, Anda dapat menciptakan rempeyek kacang tanah yang tipis, renyah, dan tentunya lezat. Berikut adalah panduan lengkapnya.

Cara Membuat Rempeyek Kacang Tanah yang Tipis dan Renyah Nikmatnya Sensasinya dalam Setiap Gigitan

Bahan Membuat Rempeyek Kacang Tanah

1. 250 gram kacang tanah kupas
2. 100 gram tepung beras
3. 50 gram tepung sagu
4. 1 butir telur ayam
5. 200 ml santan kental
6. 2 lembar daun jeruk, iris tipis
7. 2 siung bawang putih, haluskan
8. 1 cm kencur, haluskan (opsional)
9. Garam secukupnya
10. Merica bubuk secukupnya
11. Minyak goreng secukupnya

 

Cara Membuat Rempeyek Kacang Tanah

1. Pertama-tama, panaskan minyak goreng dalam wajan yang dalam. Pastikan minyak cukup banyak agar rempeyek bisa tenggelam dan matang dengan sempurna.

2. Sambil menunggu minyak panas, siapkan bahan-bahan lainnya. Sangrai kacang tanah kupas dalam oven dengan suhu 180 derajat Celsius selama sekitar 10-15 menit atau hingga kacang berubah warna menjadi kecokelatan. Angkat dan biarkan kacang dingin.

3. Setelah kacang dingin, haluskan sebagian kacang tanah dengan menggunakan blender atau food processor. Sisihkan.

4. Dalam wadah yang terpisah, campurkan tepung beras, tepung sagu, dan kacang tanah yang sudah dihaluskan. Aduk rata.

5. Tambahkan telur ayam, santan kental, daun jeruk, bawang putih yang sudah dihaluskan, kencur yang sudah dihaluskan (jika menggunakan), garam, dan merica bubuk. Aduk semua bahan hingga tercampur merata dan membentuk adonan yang encer.

Baca Juga  Perbedaan Wasabi Asli dan Pasta Wasabi

6. Pilihlah wajan dengan permukaan yang datar serta anti lengket, kemudian panaskan di atas api sedang. Pastikan wajan sudah benar-benar panas sebelum melanjutkan proses penggorengan.

7. Ambil sendok sayur, celupkan ke dalam minyak panas sejenak, lalu tuang adonan rempeyek ke dalam sendok sayur tersebut. Pastikan adonan tidak terlalu banyak agar rempeyek bisa menjadi tipis dan renyah.

8. Dengan menggunakan sendok sayur, tuang adonan di pinggir wajan secara perlahan sambil digoyangkan perlahan untuk membentuk rempeyek yang tipis. Lakukan secara berulang hingga adonan habis atau sesuai dengan jumlah rempeyek yang ingin Anda buat.

9. Biarkan rempeyek menggoreng hingga berwarna kecokelatan dan renyah. Balik rempeyek dengan hati-hati menggunakan sumpit atau spatula kayu untuk memastikan kedua sisinya matang dengan sempurna.

10. Setelah matang, angkat rempeyek dari wajan dan tiriskan di atas kertas minyak agar sisa minyak bisa terserap dengan baik.

11. Biarkan rempeyek kacang tanah dingin dan keringkan sepenuhnya sebelum disimpan dalam wadah kedap udara. Rempeyek yang sudah dingin dan kering akan tetap renyah dan tahan lebih lama.

 

Tips Tambahan :

Sekarang Anda sudah memiliki panduan lengkap dalam membuat rempeyek kacang tanah yang tipis dan renyah. Namun, ada beberapa tips tambahan agar Anda dapat menciptakan rempeyek yang sempurna.

1. Pilihlah kacang tanah yang berkualitas baik. Pastikan kacang tanah yang digunakan dalam kondisi segar dan tidak basah. Kacang tanah yang segar akan memberikan hasil rempeyek yang lebih renyah.

2. Sangrai kacang tanah secara merata. Sebelum menghaluskan sebagian kacang tanah, pastikan Anda telah menjalankan proses penggorengan kacang tanah secara merata. Hal ini akan memberikan rasa yang lebih gurih dan menghilangkan kelembapan dalam kacang tanah.

Baca Juga  Mengenal Marbling Daging Sapi Yang Wajib Diketahui

3. Gunakan santan kental. Santan kental memberikan kelezatan dan kekayaan cita rasa pada adonan rempeyek. Pastikan santan yang digunakan dalam keadaan kental agar rempeyek memiliki tekstur yang tipis dan renyah.

4. Jaga suhu penggorengan. Pastikan minyak dalam wajan selalu dalam suhu yang tepat. Minyak yang terlalu panas dapat membuat rempeyek gosong, sedangkan minyak yang terlalu dingin akan membuat rempeyek menjadi lemas dan tidak renyah.

5. Gunakan sendok sayur yang tepat. Pilihlah sendok sayur yang memiliki lubang kecil dan bentuk yang rata untuk menuangkan adonan rempeyek. Hal ini akan membantu Anda dalam membentuk rempeyek yang tipis dan merata.

6. Balik rempeyek dengan hati-hati. Setelah satu sisi rempeyek matang, balik dengan hati-hati menggunakan sumpit atau spatula kayu. Pastikan kedua sisinya matang dengan sempurna untuk mendapatkan hasil rempeyek yang renyah di setiap gigitannya.

7. Keringkan rempeyek dengan baik. Setelah rempeyek matang, tiriskan di atas kertas minyak agar sisa minyak dapat terserap. Biarkan rempeyek kacang tanah dingin dan kering sepenuhnya sebelum disimpan dalam wadah kedap udara. Hal ini akan membuat rempeyek tetap renyah dan tahan lebih lama.

Dengan mengikuti langkah-langkah Cara Membuat Rempeyek Kacang Tanah yang Tipis dan Renyah di atas dan tips tambahan, Anda dapat menciptakan rempeyek kacang tanah yang tipis dan renyah layaknya rempeyek yang dijual di warung atau pasar tradisional. Selamat mencoba dan nikmati kelezatan rempeyek yang Anda buat sendiri!